Pentingnya Mengetahui Potensi Anak

Problema ‘salah jurusan’ bisa berdampak pada pembelajaran anak. Salah satu dampak dari pembelajaran yang tak sesuai minat adalah kemungkinan bagi para siswa menjadi tidak akan maksimal untuk memperoleh hasil yang terbaik. seseorang yang salah memilih jurusan akan berdampak pada ketidakmaksimalan dalam pekerjaan atau profesi yang akan digeluti kelak. Sehingga orang tersebut tidak dapat berprestasi dan kemampuan maupun ketrampilan yang dimiliki tidak berkembang dengan baik. Namun sebaliknya jika seseorang bekerja pada bidang yang diminati atau disukai, pastinya akan lebih mencintai dan bahagia dalam menjalankan pekerjaannya. hal ini akan mempengaruhi seseorang untuk bekerja lebih giat dan punya rasa tanggung jawab yang tinggi,

Dalam dunia kerja dewasa ini, sering sekali terjadi orang yang tidak nyaman dengan pekerjaan yang ia lakukan karena tidak sesuai dengan potensi yang ia miliki . Hal ini yang menyebabkan kinerja dari orang tersebut rendah, kurang bersemangat dalam bekerja dan stres. Maka dari itu sangat penting bagi seseorang untuk mengenali potensi yang ada pada dirinya sendiri.

Proses pengenalan potensi diri yang ada pada seseorang bisa dimulai sejak dini. diantara cara untuk mengenali potensi, minat dan bakat adalah dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan beragam aktivitas kegiatan dengan tujuan menggali minat dan bakat anak. Mengetahui potensi, minat dan bakat anak sejak dini InsyaaAllah akan membantu orang tua dalam memberikan pilihat terbaik terhadap jenjang pendidikan selanjutnya bagi sang anak. Pengenalan potensi diri pada anak juga membantu orang tua untuk fokus mengembangka potensi yang ada pada diri anak. Manfaat mengenali potensi minat dan bakat pada anak sejak dini :

Menemukan Bakat terpendam

Mungkin saja selama ini Bapak/ibu masih belum memahami diri anak yang sebenarnya. Termasuk pula bakat dan keahlian yang ada dalam diri anak. Oleh karena itu sebisa mungkin bakat ini perlulah ditemukan sesegera mungkin terutama bila anak telah memasuki usia produktif. Di usia produktif tentunya anak bisa mulai bekerja untuk berbagai tujuan. Tentunya bekerja bila sesuai dengan bakat dan kemampuan akan terasa lebih menyenangkan dan membuat diri merasa nyaman saat bekerja.

Pengembangan Bakat

Mengenali potensi yang ada pada diri anak insyaa Allah akan membantu orang tua untuk mengembangkan bakat yang dominan di dalam diri anak. Pengembangan bakat bisa dilakukan melalui berbagai macam hal misalnya dengan beragam aktivitas baik di dalam sekolah maupun diluar sekolah, dan dengan ini pula orang tua mampu memberikan pilihan jurusan pendidikan yang tepat bagi anak di jenjang selanjutnya.

Memahami Kepribadian

memahami minat dan bakat anak menjadi suatu hal yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam rangka memahami kepribadian anak. Kepribadian masing-masing orang antara yang satu dengan yang lain sudah tentu berbeda. Berbagai kepribadian yang baik sebaiknya selalu dikembangkan. Sedangkan kepribadian yang kurang baik sebisa mungkin diupayakan agar bisa semakin berkurang.

Mengatasi Kelemahan

mengetahui potensi minat dan bakat yang ada pada diri anak insyaa Allah akan membantu orang tua dalam mendidik anak untuk tidak hanya fokus pada kelemahan anak saja. Kelemahan ini bisa ditutup dengan adanya bakat yang ada pada diri anak. untuk itu orang tua perlu mengetahui tentang potensi diri anak sehingga orang tua bisa mengembangkannya dengan lebih baik lagi. fokus pada kekuatan dan siasati kelemahan.