Terwujudnya lembaga taman kanak- kanak yang berkualitas dan bermanagement mutu yang berpedoman pada Al Qur’an dan Assunnah untuk menjadikan generasi cerdas dan berakhlaqul karimah
Mengoptimalkan
Perkembangan anak
Pendidikan
Fitrah
Membentuk peserta didik
dengan 18 karakter
Menerapkan model
pembelajaran sentra
Slider

Misi

  1. Mewujudkan lembaga taman kanak- kanak dengan pelayanan prima, berkualitas dan berstandar management mutu
  2. Memfasilitasi alat main edukatif dan media yang sesuai dengan usia anak pada setiap kegiatan
  3. Menyelenggarakan pembelajaran melalui metode sentra atau Beyond Center and Circle Time (BCCT)
  4. Menstimulasi tumbuh kembang anak sesuai tahap perkembangan
  5. Memberikan bimbingan dan contoh yang baik kepada peserta didik


KURIKULUM TK ISLAM ARRAYAAHIIN

  1. TK Islam Arrayaahiin berusaha dalam Mengoptimalkan perkembangan anak yang meliputi : aspek nilai agama dan moral,estetik, afeksi, kognitif, bahasa, sosisal emosi, fisik-motorik.
  2. Menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam pemberian rangsangan pendidika
  3. Menerapkan model pembelajaran sentra yang terdiri dari 6 sentra : sentra persiapan, sentra balok, sentra imtaq, sentra main peran besar, sentra bahan alam, sentra seni
  4. Membentuk peserta didik dengan 18 karakter :


1.Mutu

2.Hormat

3.Jujur

4.Bersih

5.Sabar

6.Kasih sayang

7.Syukur

8.Ikhlas

9.Disiplin

10.Tanggung jawab

11.Khusyu

12.Rajin

13.Berfikir positif

14.Ramah

15.Rendah hati

16.Istiqomah

17.Taqwa

18.Qona’ah

Muatan Khas Keislaman

Aqidah | pengetahuan tentang Allah, ciptaan allah , Keberadaan Allah serta Rukun Islam dan Rukun Ima

Do’a | pelafadzan do’a sehari- hari, do’a tematik sesuai dengan kegiatan yang dilakukan di sekolah

Hadits | pelafadzan hadits sesuai dengan tema yang disajikan

Tahfidz | murojaah dan hafalan surat- surat pendek (juz 30)

Fiqih | praktek wudhu dan praktek sholat. sebagai pembiasaan sholat dhuhur, dan pembiasaan sholat Dhuha.


METODE PEMBELAJARAN BCCT

Metode sentra adalah zona atau area main anak yang dilengkapi dengan seperangkat alat yang mendukung perkembangan anak dalam tiga jenis main, yaitu : main sensori motor, main pembangunan (konstuktif), main simbolik dengan tujuan menanamkan nilai- nilai agama dan mengoptimalkan potensi anak dalam aspek kognisi, afeksi, sosisal emosional dan psikomotor. 

PROGRAM KHUSUS DAN PENDUKUNG

Sosialisasi Program

Pertemuan orangtua yang diadakan oleh sekolah sebagai sarana untuk memaparkan program- program sekolah, visi, misi, kalender akademik, program tahunan, webbing tema, tata tertib.

Parenting

Upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Arrayaahiin untuk mengembangkan wawasan orangtua dalam menselaraskan pola pengasuhan dirumah dan di sekolah.

PLS

Pembelajaran yang dilakukan diawal masuk sekolah dalam rangka orientasi dan pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan ruang yang ada di sekolah, pengenalan dengan warga sekolah, prosedur bersih- bersih, prosedur penggunaan buku dan pemilahan sampah.

Observasi Orangtua

Salah satu program yang diwajibkan bagi wali siswa untuk mensingkronkan kegiatan di sekolah dengan kegiatan di rumah, sehingga orangtua mengetahui pijakan (instruksi) yang disampaikan ke anak, mengetahui media atau alat main yang digunakan pada saat kbm serta mengetahui pola atau daily activity .

Project Tema

Kegiatan yang dilakukan di awal sub tema sebagai transisi ke sub tema berikutnya agar dapat menjadi gambaran tema yang baru, biasanya guru menyiapkan kegiatan yang berupa lifeskill atau membuat karya.

Puncak Tema

Kegiatan yang dilakukan diakhir pembahasan tema sebagai recalling atau pengulangan dari tema sebelumnya, seperti : berkuda (tema hewan), kunjungan ke konfeksi (tema kebutuhan), fun cooking (tema makanan).

Market Day

Kegiatan pasar yang dilakukan secara terprogram, dengan tujuan siswa dapat melakukan transaksi jual beli dan mengenalkan nilai mata uang serta belajar menghitung.

Fieldtrip

Pembelajaran yang dilakukan diluar sekolah yang biasanya berupa kunjungan ke tempat yang dapat menambah pengetahuan peserta didik.

Manasik Haji

Kegiatan ini dilakukan sesuai tema dzulhijjah, dengan tujuan siswa dapat mengetahui prosedur keberangkatan haji (pengurusan berkas/ administrasi keberangkatan haji) dan prosedur tatacara manasik haji.

Sanlat (Pesantren Kilat)

Kegiatan ini dilakukan pada bulan Ramadhan, dimana siswa menginap dua hari satu malam disekolah dan berlatih melakukan puasa satu hari penuh.

Open house

Kegiatan yang bertujuan sebagai promosi sekolah berkaitan metode pembelajaran dan sebagai apresiasi terhadap hasil karya siswa

Haflah

Kegiatan perayaan akhir tahun untuk memberikan apresiasi secara simbolis kepada peserta didik tingkat akhir atas keberhasilan menuntaskan pembelajaran di tingkat PAUD.

Kegiatan Bersama ayah

Kegiatan siswa dan para ayah yang bertujuan membangun bonding atau kedekatan saat melakukan kegiatan, seperti kegiatan satu hari dikelas , kemping bersama ayah.