PROJECT BASED LEARNING

Project Base learning merupakan pendekatan pengajaran yang dibangun di atas kegiatan belajar dan tugas nyata yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Pengalaman belajar peserta didik maupun konsep dibangun berdasarkan produk yang dihasilkan dalam proses pembelajaran berbasis proyek.

Model pembelajaran project based learning mengarahkan peserta didik untuk melakukan suatu investigasi terhadap suatu topik. Peserta didik secara konstruktif melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan dengan pertanyaan yang berbobot, nyata, dan relevan. Peserta didik dihadapkan pada permasalahan konkret, mencari solusi, dan mengerjakan projek dalam tim untuk mengatasi masalah tersebut sebagai stimulasi dalam menumbuhkan keterampilan pada peserta didik dalam berperan di masyarakat.

Project Based learning merupakan salah satu metode pembelajaran HOTS ( Higher order thinking skill) yang menstimulasi kemampuan kognitif anak dalam aspek Pengetahuan, Pemahaman, Penerapan, Analisis, Sintesis dan evaluasi. Keterampilan yang ditumbuhkan dalam Project Based learning diantaranya adalah keterampilan presentasi, Problem solving, berpikir kritis, dll.



Keberanian

Memberikan kesempatan kepada Peserta didik untuk berani mencoba berbagai macam hal dalam memecahkan suatu permasalahan

eksplorasi

Peserta didik Memiliki kesempatan memperluas pengetahuan dan keterampilan melalui investigasi. dalam membuat Hipotesis rumusan masalah

Problem solving

Peserta didik berpikir proses untuk menentukan solusi atas permasalahan atau tantangan yang diberikan.

Teams

Peserta didik secara kolaboratif mengelola informasi, Bertukar ide dan gagasan untuk memecahkan suatu permasalahan

Karakteristik Project Based Learning

Recalling

Peserta didik melakukan refleksi atas Kegiatan Belajar mengajar yang sudah dijalankan,

Evaluasi

Produk akhir aktivitas belajar akan dievaluasi

fleksibel

Situasi pembelajaran sangat toleran terhadap kesalahan dan perubahan

Harapan Pembelajaran metode Project Based Learning

– Peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran

– Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah.

– Membuat peserta didik menjadi lebih aktif ketika memecahkan masalah yang kompleks

– Meningkatkan kolaborasi tim antar peserta didik

– Pendorong peserta didik untuk mengembangkan keterampilan komunikasi

– Meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengelola sumber

– Menyediakan pengalaman belajar yang melibatkan peserta didik yang dirancang sesuai dunia nyata.

– Melibatkan para peserta didik untuk belajar mengambil informasi dan kemudian diimplementasikan dengan dunia nyata

– Membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, sehingga peserta didik maupun pendidik menikmati proses pembelajaran”